DEKADENSI MORAL

Dekadensi dapat diartikan sebagai penurunan atau kemorosotan. Kemorosotan dapat terjadi dalam segi moral atau budi pekerti yang biasanya diakibatkan oleh pudarnya nilai keagamaan karena digeser dengan kemajuan teknologi yang tidak digunakan sesuai kebutuhannya, sehingga mengakibatkan munculnya budaya-budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai keagamaan menjadi dapat diterima dan diikuti oleh sebagian besar remaja. Lebih parahnya lagi pergaulan remaja di Indonesia sekarang tidak jauh beda pergaulan di negara barat. Bebas nya pergaulan di negara ini tidak lagi ditutup-tutupi justru malah dibanggakan,

seperti pergi ke club atau festival musik pada malam hari, seakan mereka lupa banyaknya kejahatan yang terjadi pada malam hari

remaja yang dengan bangganya mengepulkan asap rokok dari mulutnya karena semakin banyak asap yang terkepul, makin terlihat keren pula, seakan mereka lupa akan kesehatan tubuhnya

Contoh dekadensi lainnya,

Kata kasar bukanlah hal yang tabu untuk zaman sekarang, malah lebih terdengar wajar. Seperti kata an*ing, f*ck dan lainnya. Banyak lagu barat yang menggunakan kata kasar dan malah menjadi hits, sehingga mereka beranggapan kata kasar bukanlah hal yang tabu. Dan juga, banyak remaja yang tiap kali berbicara dengan temannya pasti diawali dengan kata kasar, bahkan dijadikan sapaan. Hal ini sungguh tidak bermoral.

Kata-kata kasar juga dapat menyakiti perasaan seseorang, tapi perasaan seseorang mulai tidak lagi dianggap semenjak ada kata baper. Orang yang menunjukkan rasa sakit hatinya saat ada yang berkata kasar, seringkali di cap sebagai orang yang baperan.

Hal ini menunjukkan pudarnya nilai agama dan kesopanan,

Seharusnya jika merasa bermoral dia harus berkata hal-hal yang baik dan bermanfaat.

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا، أَوْ لِيَصْمُتْ

“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka berkatalah yang baik dan jika tidak maka diamlah. (HR. Bukhari no. 6018 dan Muslim no. 47)

Pertemanan antara lelaki dan perempuan juga tidak lagi memiliki batasan, bahkan lelaki dapat mengikuti gaya perempuan dan begitu sebaliknya. Satu perempuan dikelilingi banyak lelaki sangat banyak ditemukan di lingkup remaja. Hal ini sudah sangat jauh dari budi pekerti seseorang yang beriman. Lelaki dengan mudahnya mencubit pipi, mencolek salah satu bagian tubuh, merangkul dan meminum dari satu botol yang sama bukanlah hal yang aneh untuk sekarang. Bahkan yang mengganggap itu hal yang tidak wajar dianggap aneh, bahkan dianggap kaku dan fanatik.

“kenapa sih? santai aja sih, temenan doang ini” kata mereka

tapi bukankah dosanya sama besar? karena tetap saja bukan mahram.

Dan juga semenjak ada instagram, banyak remaja bahkan anak kecil yang mengikuti gaya hidup para selebgram yang jauh dari kata bermoral.

Berpakaian minim, agar dianggap, agar diberi likes dari ribuan orang. Tapi mereka lupa banyak penjahat di dunia ini yang dapat mengambil foto mereka dan menjadikannya untuk keperluan bejat mereka. Ditambah, teknologi semakin canggih.

Pergi ke club, pergi ke restoran mahal menjadi gaya hidup padahal sebagian dari mereka tidak mampu secara finansial, hanya untuk dianggap berkelas dan memiliki banyak teman atau dapat dikatakan sebagai social climber.

Selain itu,

Sinetron….

Sinetron mungkin pengaruh terbesar bagi anak-anak dibawah umur, mereka diberi fasilitas untuk menonton sinetron yang tidak mendidik tanpa adanya pengawasan orang tua. Hal ini sangat mempengaruhi mereka, sangat amat.

Banyak anak SD, yang mulai berpacaran.. menganggap pacarnya adalah cinta sejatinya, saling memanggil ayah-bunda, dan hal norak lainnya. Atau berbicara dengan gaya pemeran antagonis di sinetron juga sering ditemukan dikalangan anak SD.

Beberapa waktu yang lalu, saya dan teman saya sempat melihat anak SD yang sedang ribut dengan temannya lalu mengatakan

“OAZAAA YAAH”

“HEH, HEH NGAPAIN LU KESINI, INI LAPAK GUEEEEEE”

Antara miris dan lucu.

Bahkan saya pernah melihat anak SD sedang menonton YouTube di smartphone, saat saya lihat apa yang sedang ia tonton, ternyata salah satu episode dari sinetron di tv swasta. Ini sangat kacau, bagaimana bisa orang tua memberi fasilitas kepada anak kecil untuk menonton hal yang tidak penting bahkan buruk padahal mereka seharusnya diberi pendidikan agama dan moral yang cukup agar mereka dapat hidup dengan baik di masa depan?

Satu lagi,

Ada seorang perempuan dari SD disebelah sekolah saya, dia sendirian. Saat saya hampiri dia hanya tersenyum, tidak pernah menjawab pertanyaan saya satupun. Ternyata teman-teman nya selalu menjauhi mereka, bahkan teman-teman nya ikut menatap saya dengan tatapan sinis. Disaat teman-temannya berkumpul, dia hanya sendiri.Salah satu alasan yang dapat saya ambil kenapa dia dijauhi adalah karena penampilan dia tidak sebaik teman-temannya.

Apakah generasi seperti ini yang dapat membangun bangsa?

Apakah generasi seperti ini yang diharapkan bangsa?

Generasi yang tidak mempedulikan nilai agama, generasi yang bermental penjajah, generasi penuh pencitraan, generasi yang tidak bermoral?

Tidak.

Sekarang waktunya kita, sebagai generasi muda, untuk meghapuskan segala sifat buruk yang ada di dalam diri ini karena negara ini sudah cukup terpuruk.

Jadilah generasi muda yang bermanfaat bagi sesama, bukan yang malah memberi pengaruh buruk kepada yang lain.

مَا مِنْ شَىْءٍ يُوضَعُ فِى الْمِيزَانِ أَثْقَلُ مِنْ حُسْنِ الْخُلُقِ وَإِنَّ صَاحِبَ حُسْنِ الْخُلُقِ لَيَبْلُغُ بِهِ دَرَجَةَ صَاحِبِ الصَّوْمِ وَالصَّلاَةِ

Tidak ada yang lebih berat dalam timbangan daripada akhlak yang baik, dan sesungguhnya orang yang berakhlak baik akan mencapai derajat orang yang berpuasa dan shalat.” (HR. Tirmidzi no. 2003, shahih)

Dan berikut ada kutipan lirik dari lagu Chrisye yang berjudul Dekadensi (referensi dari umi hehe)

Dunia mode semakin menjadi
Wanita dandan bagai lelaki
Begitu pula sebaliknya pria
Oh celaka

Penampilan berlomba materi
Berikut gaya bagai sang putri

Senyumnya manis
Mengalahkan wanita
Oh celaka

Apakah yang kini
Sedang terjadi
Hingga semua tak terasa lagi
Semakin sulit tuk kudapat
Di dalam kehidupan di zaman sekarang

Dekadensi tumbuh disana sini
Dekadensi melanda
Kehidupan kita
Oh oh oh

Sering terdengar di warung kopi
Orang berkumpul sambil mencari
Menuntut negri yang korupsi

Teknologi yang semakin tinggi
Membuat kita lupa budaya
Hanya kepentingan ekonomi
Telah dikorbankan citra manusia

 

 

Advertisements

PACARAN

hELLOOOOO!!

Pacaran bukanlah hal yang asing dikuping kita sekarang, pasti sudah banyak di lingkungan sekitar kita yang berpacaran.

Pacaran itu identik dengan dua insan yang dimabuk asmara. Eits, bukan asmara melainkan nafsu. Ada banyak macam nafsu saat berpacaran, diantaranya

Pertama, nafsu untuk selalu bersama si dia,

Kedua, nafsu untuk memuaskan ‘hasrat’ dalam diri,

Ketiga, nafsu untuk dilihat oleh orang lain bahwa mereka adalah pasangan yang……… bikin sirik, cute, goalllllssssss!!, dan lainnya

Sadar atau tidak semua nafsu itu dikendalikan sama si setan,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
أَلاَ لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ باِمْرَأَةٍ إِلاَّكاَنَ ثَالِثَهُمَا الشَّيْطَانُ
Ingatlah, bahwa tidaklah seorang laki-laki itu berkhalwat dengan seorang wanita kecuali yang ketiganya adalah setan.” (HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan Al-Hakim. Al-Hakim kemudian menyatakan bahwa hadist ini shahih berdasarkan syarat Al-Bukhari dan Muslim. Pendapat ini disepakati pula oleh Adz-Dzahabi)

Setan membuat dua insan lupa akan dosa dari pacaran, setan membuat hari hari terasa membosankan bila tidak bertemu si dia, setan membuat pacaran terlihat indah di mata mereka, setan membuat mereka senang bila ada yang memuji gaya pacaran mereka.

Bukankah kita sadar bahwa pacaran tidak menghasilkan apapun melainkan kemaksiatan?

Bukankah kita sadar bahwa pacaran adalah zina dan zina itu sudah jelas-jelas dilarang dalam kitab suci kita, Al Qur’an?

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. ( QS. Al-Isra'(17) : 32 )

Allah subhanahu wa ta’ala pun sudah berfirman kalau zina itu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.

Sudah tahu kalau zina itu keji, kenapa masih menginginkannya?
Sudah tahu kalau zina itu jalan yang buruk, kenapa masih melewatinya?
Terlebih lagi, saat berpacaran pasti mengenggam tangan dan merangkul adalah hal yang lumrah bukan?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لأَنْ يُطْعَنَ فِي رَأْسِ رَجُلٍ بِمِخْيَطٍ مِنْ حَدِيدٍ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَمَسَّ امْرَأَةً لا تَحِلُّ لَهُ

Ditusuknya kepala seseorang dengan pasak dari besi, sungguh lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya.” (HR. Thobroni dalam Mu’jam Al Kabir 20: 211. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Lihat, kepala seseorang yang ditusuk dengan pasak dari besi lebih baik daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya? Bukankah ini terdengar sangat menyeramkan?

Kadang suka terpikir gak sih? Kalau orang pacaran itu sudah mulai melarang kita untuk lakuin ini-itu atau harus lakuin ini-itu. Tidak ada hak bagi mereka untuk melarang dan mengharuskan kita melakukan sesuatu dan tidak ada kewajiban bagi kita untuk mematuhinya, kenapa? karena kita bukan miliknya, lagipula dalam pacaran belum ada prosesi serah terima dari ayah untuk sang lelaki, bukan?

Terkadang, pacaran juga untuk jadi bahan pameran di sosial media, seakan memberi tahu dunia dengan bangganya “halo dunia, ini pacarku”. Menunggu postingan foto nya agar mendapat banyak like atau di comment dengan “ah goals banget sih kalian” atau “sirik deh gue” atau “ah lucu bangeeet”.

Kita sebagai jomblo yang taat kepada Sang Pencipta sangat diharamkan untuk iri terhadap orang yang pacaran. Seharusnya kita bangga, hati dan tubuh kita tidak seenaknya diberikan kepada orang yang belum tentu menjadi milik kita pada akhirnya.

Karena cinta bukan dibuktikan seberapa seringnya bersama melainkan seberapa banyak doa yang sering kita ucapkan dalam diam.

Tapi banyak orang yang bertanya “kalau gak pacaran sama dia, kita gak bisa kenal dong sifat-sifat dia gimana?” . Percuma saling kenal sifat masing-masing tapi tidak di ridhoi oleh Allah,

“Tapi kan kita pacarannya syar’i, ga pernah bersentuh tangan atau melakukan hal lainnya yang melewati batas, malah kita saling mengingatkan untuk beribadah”. Gimana sih pacaran syar’i itu? menggunakan kata-kata islami dalam perbuatan zina nya? seperti,

“sayangggg jangan lupa sholat tahajud”,

“puasa senin-kamis bareng yuk”,

“aku mencintai mu karena Allah”

kalau mencintai seseorang karena Allah pasti kalian gak akan biarin orang yang kalian cintai terjerumus dalam perbuatan maksiat,

dan bagi kalian yang masih mencari pacar yang alim, kalian lebih baik berhenti, karena yang alim tidak akan mungkin pacaran.

Bagi perempuan,

Jika hati kita seakan terketuk oleh si dia jangan biarkan dia masuk dan menjadikan dia tuan rumah di hati ini. Cukup biarkan dia diam di luar mencari cara yang halal agar dia bisa masuk ke dalamnya, doakan dia dalam diam- jika dia memang yang terbaik bagimu Sang Maha Pemilik Hati pasti akan mengizinkan dia masuk ke dalam hati mu dan menjadi sang tuan rumah, menjaga dirimu, mengunci pintu tersebut serta memimpin mu untuk masuk ke Jannah-Nya . Jika bukan dia pasti ada yang jauh lebih baik.

Bagi lelaki,

Jangan memaksa untuk masuk ke hati seseorang, membuat kekacauan di setiap sisi lalu tinggalkan ia begitu saja. Karena lelaki yang benar-benar cinta dengan seseorang tidak akan melakukan itu, dia akan memantaskan diri agar bisa masuk ke hatinya dengan cara halal, cukup dengan izin kepada ayahnya untuk menikahi putrinya, bukan datang kepada ayahnya izin untuk dibawa jalan ehehehehehehe.

Sekarang adalah waktu kita untuk melepaskan dia, jika dia diciptakan untuk kita, pasti dia akan kembali bagaimana pun caranya- dan kalau dia bukan untuk kita, bagaimana pun cara kita mempertahankannya, dia pasti tidak akan kembali,

dan pastinya.. kita harus mengejar cinta-Nya, Yang telah menciptakan saya, kamu, mereka dan seluruh alam ini. Karena hanya Dia lah yang mengetahui segala isi hati.

Jangan sampai kita membuat Sang Pencipta dan Pemilik Hati ini murka akan rasa cinta kita yang lebih besar kepada mahluk yang telah Dia ciptakan dibandingkan rasa cinta kita pada-Nya.

p.s

Saya menulis ini bukan berarti saya telah sempurna dan tidak pernah punya rasa suka dengan lawan jenis, bahkan terkadang saya suka seneng banget kalau orang yang saya suka ngeliat ke arah saya atau semacamnya dan bete banget kalau orang yang saya suka jawab chat dari saya singkat-singkat kayak enggak niat wkwkwk, tetapi saya sadar, saya tidak mempunyai hak apapun untuk menuntut sebuah kejelasan kepada dia yang bukan milik saya. Karena itu saya lebih memilih melepaskan dia, memantaskan diri, memperbanyak mengingat Allah dan menunggu Allah untuk menjelaskan semua hal ini kepada saya.

Saat kita menyukai seseorang, kemudian kita lupakan, tinggalkan. Memilih menyibukkan diri, belajar, sekolah, bekerja, meniti karir. Maka jika memang jodoh, dia kan kembali dengan cara menakjubkan. Hadiah terbaik bagi orang yang sabar.

-Tere Liye, Rindu

dan ini adalah kesimpulan terbaik,

وَمَا أُبَرِّئُ نَفْسِي ۚ إِنَّ النَّفْسَ لَأَمَّارَةٌ بِالسُّوءِ إِلَّا مَا رَحِمَ رَبِّي ۚ إِنَّ رَبِّي غَفُورٌ رَحِيمٌ

Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang. ( QS. Yusuf (12) : 53 )

PILIH-PILIH TEMAN

Hello my bloGGy mates!!

Teman dapat dikatakan sebagai seseorang yang menjadi pelengkap dan cerminan diri kita. Mengapa? karena kehadiran teman sangat berpengaruh dalam diri kita- apa yang teman kita lakukan, tanpa kita sadari akan kita lakukan juga.

Kali ini saya ingin membagi kisah saya dan beberapa teman saya.

Setahun belakangan ini, saya merasa kesepian di sekolah. Hal ini dikarenakan sulitnya saya untuk beradaptasi di lingkungan baru. Saya merasa ada perbedaan karakter antara saya dan teman-teman di sekolah, sehingga saya di cap sebagai orang yang individualis, cepu karena melapor ke BK saat ada bullying di kelas, pelit karena tidak mau memberi jawaban saat ulangan, egois dan semacamnya.

Untungnya, saya memiliki teman sebangku yang sepaham dengan saya. Jadi kalau disindir ya sudah satu paket. Awalnya kami nangis kalau disindir tapi lama kelaaman kita malah tertawa kalau ada yang menyindir. Karena dari sindiran mereka, kami belajar untuk semakin sabar dan kuat.

Setelah masa-masa di semester 1 berakhir, kami beranjak ke semester 2. Keadaan masih sama, masih banyak yang kesal dengan kami. Tapi keadaan kami berubah, kami tidak selemah semester lalu.

Tapi itu tidak bertahan lama, kekuatan saya dalam menghadapi mereka hampir saja hilang, karena teman sebangku saya memutuskan untuk pindah sekolah. Saya menangis, saya hampir menjadi lemah kembali.

Melihat keadaan saya yang lemah waktu itu, orang tua saya mengingatkan saya agar tidak berhenti untuk mengungkapkan kebenaran. Dan berusaha semakin sabar dalam menghadapi segala cobaan. Karena sabar, tidak ada batasnya. Jika kita marah atau kecewa setelah berusaha sabar itu namanya kita belum bersabar.

Karena itu, kekuatan saya kembali lagi dan mulai menghargai keputusan teman sebangku saya untuk pindah sekolah dan saling mendoakan yang terbaik di sekolah masing-masing.

Teman saya di sekolah lain juga pernah bercerita, kalau teman-teman nya banyak yang bermuka dua. Misalnya, si A, si B dan si C, suka main bareng, jajan bareng, curhat bareng dsb. Tapi saat si A tidak masuk sekolah, si B ngomongin hal buruk tentang  si A ke si C.

Buat apa berteman jika kita tersenyum di luar tapi ngedumel di dalam?

Berbeda lagi dengan teman saya yang lainnya yang juga sekolah di tempat lain. Dia memakai topeng agar bisa berbaur dengan teman-teman sekitarnya yang sebenarnya kepribadiannya jauh dari dia.

Untuk kita yang masih memakai topeng, lebih baik dilepas sekarang juga.. jangan sampai karena terlalu lama memakainya kita lupa melepasnya.

Dan pasti juga banyak yang bertanya, “kalau saya menjadi diri saya sendiri dan tidak berusaha membaur dengan mereka yang kebanyakan nakal, saya tidak akan punya teman dan merasa kesepian?”

Saya langsung teringat dengan ucapan guru ekonomi saya, kurang lebih ia mengatakan seperti ini..

Kita emang harus pilih-pilih teman, jadi gausah sedih kalau punya teman sedikit… yang penting baik-baik, daripada kita berteman dengan yang bandel nanti kita ikutan bandel.

Kesimpulannya adalah,

  1. Kita tidak boleh takut mengungkapkan kebenaran, jangan takut dihujat atau dibenci, karena zaman sekarang memang sudah kebalik, yang benar di benci, yang salah di senangi. Dan apa yang kita lakukan pada akhirnya akan menjadi tanggung jawab kita sendiri
  2. Kita harus berteman dengan orang yang benar-benar tulus dan selalu membantu kita dalam kebenaran dan mengingatkan kita jika melakukan kesalahan
  3. Jangan pernah memaksakan diri kita untuk berteman dengan orang yang tabiatnya buruk, karena kita tidak akan pernah nyaman atau lebih parah terbawa tabiat buruk mereka. Cari teman yang benar-benar sesuai dengan diri kita dan Allah pasti akan membantu kalau kita mau berusaha dan berdoa.
  4. Tapi tidak lantas ketika kita tau kita mempunyai teman yang tabiat nya buruk kita langsung menjauhi dan membenci nya, kita harus tetap ingatkan. Tapi jika kita sudah ingatkan dan dia tidak peduli baru biarkan dia memilih jalan yang dia inginkan.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

الرَّجُلُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

Seseorang itu tergantung pada agama temannya. Oleh karena itu, salah satu di antara kalian hendaknya memperhatikan siapa yang dia jadikan teman.
[HR Abu Dâwud no. 4833 dan at-Tirmidzi no. 2378. (ash-Shahîhah no. 927)]

Semoga kita mendapatkan teman sejati dan terbaik, aamiin 🙂

IPS ≠ BODOH

Hello my bloGGy mates!!

Saat kita masuk SMA, kita mulai merasakan adanya penjurusan. Kalau zaman sekarang ada jurusan IPA dan IPS, berbeda dengan zaman orang tua, waktu itu juga ada jurusan Bahasa.

Ada yang memilih jurusan karena minat nya sendiri, atau mungkin ada intervensi dari orang tua, gengsi, dan bisa saja karena ikut-ikut teman. Dan ada yang memilih suatu jurusan karena merasa dirinya bodoh… jurusan apalagi kalau bukan IPS.

Begitu pun dengan persepsi orang kebanyakan, saat seseorang tau kalo si itu masuk IPS tanggapannya akan berbeda dengan si dia yang masuk jurusan IPA.

“oh si itu masuk IPS..” dengan muka sedatar mungkin

“wah si dia masuk IPA, pinter ya” dengan muka yang menunjukkan rasa kagum

Berbeda lagi dengan tanggapan orang lain jika ada anak yang pintar masuk jurusan IPS..

“Sayang banget masuk IPS, kenapa gak ke IPA aja sih? kan si itu pinter”

Dan jika ada anak yang otak nya biasa-biasa aja masuk ke jurusan IPA, tanggapannya..

“Yakin tuh otak nya kuat nerima pelajaran di IPA? kan si dia ga pinter-pinter amat”

Dan sayangnya, banyak pula yang kemakan dengan omongan-omongan ini, yang tadinya mau masuk IPA jadi gak yakin karena ngerasa otaknya biasa-biasa aja. Begitu pula sebaliknya, mereka gak yakin masuk IPS karena ngerasa otaknya terlalu hebat jika harus masuk ke jurusan itu. Padahal itu salah besar, karena yang tau minat seseorang hanya dirinya sendiri, dimana kelemahan dia, dan dimana kelebihannya. Tidak tergantung betapa pintar nya dia, seberapa besar IQ dia.

Selain itu, ada yang dipengaruhi kedua orang tua nya, yang merasa gengsi jika anaknya harus memilih suatu jurusan. Banyak alasan yang diberikan contohnya, meneruskan generasi kedua orang tua nya yang berprofesi sebagai dokter lalu dipaksa masuk ke IPA, padahal minat ada di ranah pengetahuan sosial. Atau alasan lain yang menginginkan anaknya agar menjadi pengacara, lalu dipaksa masuk IPS, padahal minatnya ada di ranah pengetahuan alam.

Menurut saya, seharusnya para orang tua mendukung apa saja yang anak mereka pilih (selama hal itu tidak bertentangan dengan agama). Bahkan jika si anak tidak ingin sekolah tapi dia memiliki minat yang besar di suatu bidang- misalnya sepakbola.. maka izinkanlah dia masuk klub sepakbola dibandingkan harus melihat dia tersiksa dengan pelajaran di sekolah.

Seringkali anak-anak IPS di cap sebagai pembuat onar, bodoh, suka menghancurkan nama baik sekolah dan hal-hal buruk lainnya. Mengapa? karena IPS dijadikan pelampiasan bagi mereka yang merasa dirinya bodoh dan malas sekolah.

Dan lebih menyedihkan nya lagi, anak sosial di haruskan untuk selalu menghafal, menghafal dan menghafal. Yang sangat amat bertolak belakang dengan kata sosial. Bukankah kata sosial mengaruskan kita berinteraksi dengan orang banyak? contohnya dipelajaran sosiologi kita diberi hafalan yang sangat banyak. Padahal, sosiologi adalah pelajaran yang hanya memerlukan sedikit teori dan membutuhkan segudang praktek agar pelajaran itu terlaksana dengan baik.

Sebagai generasi muda, kita harus benar-benar belajar dan menerima apapun yang ada di sekolah meskipun sistem pendidikan di negara ini, bisa dibilang dibawah standar.. Siapa tau, nanti kita bisa menjadi orang yang membuat sistem pendidikan di negara ini lebih baik.. jauh lebih baik.

Kita tidak boleh merasa diri kita itu bodoh, Mengapa? karena jika kita merasa diri kita bodoh, kita tidak akan pernah bisa menyelesaikan pelajaran-pelajaran baik yang ada di IPA maupun di IPS. Nilai kita tidak akan pernah memuaskan.

Apalagi penjurusan ini akan bergantung dengan fakultas yang akan kita pilih nantinya.

Dan parahnya lagi, karena gengsi dan intervensi dari diri sendiri dan orang sekitar….banyak yang membelot dari jurusan yang mereka pilih di SMA dengan fakultas yang mereka pilih di universitas.

Contohnya… di SMA jurusannya IPA, saat di universitas masuk fakultas ekonomi dan bisnis, hukum, komunikasi. Jadi apa kabar dengan ilmu fisika, biologi, dan kimia yang mereka pelajari saat SMA? hmm..

Dan saat itu pula, anak IPS kehilangan ladang.

Di lain pihak, anak-anak IPS tidak akan bisa mengambil jurusan kedokteran, MIPA, teknik nuklir, dsb.

Dan ini adalah salah satu bentuk ketidakadilan dalam sistem pendidikan di negara ini. Bagaimana bisa anak IPA mengambil ladang IPS, dan anak IPS hanya mampu berdiam diri?

Saya rasa, anak IPS perlu berbangga diri karena yang bersaing dalam memilih fakultas di ranah sosial bukan anak IPS saja tapi juga IPA 😉

Ada satu hal lagi yang sangat mengusik, yaitu adanya program Lintas Minat. Untuk apa anak IPA belajar sosiologi/ekonomi/geografi/sejarah peminatan? dan untuk apa anak IPS belajar fisika/kimia/biologi/matematika peminatan? Jika ada hal semacam itu, untuk apa ada penjurusan? Bukankah adanya penjurusan agar kita lebih fokus ke minat kita masing-masing?

Kesimpulannya,

Tidak ada yang lebih pintar dan lebih bodoh di kedua jurusan ini. Karena minat tidak tergantung dengan kepintaran, karena minat tidak perlu diusik rasa gengsi, malu dan semacamnya. Dan minat seseorang tidak akan pernah bisa dipaksakan.

Yang lebih penting lagi kita harus konsisten dengan jurusan yang sudah kita pilih, jangan pernah setengah-setengah menjadi anak IPA, dan jangan pernah setengah-setengah menjadi anak IPS.

Kembangkan ilmu yang sudah kita dapatkan. Yang memilih jurusan IPA, ayo berkarya sesuai dengan ilmu yang didapat-misalnya jadilah ilmuwan yang menemukan hal baru, ahli IT yang bisa membuat teknologi hebat yang mampu bersaing dengan negara lain,dan seterusnya.

Yang memilih jurusan IPS ayo ubah kehidupan sosial di negara ini menjadi lebih baik- misalnya meningkatkan perekonomian dan bisnis, membantu mengurangi masalah kemiskinan atau diskriminasi sosial, menegakkan hukum di negara ini agar lebih adil untuk segala kalangan dan seterusnya.

Jadi di tahun ajaran baru nanti, bagi yang baru masuk SMA pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat kalian dan yang sudah naik kelas harus makin berprestasi dan konsisten di jurusan yang sudah dipilih! 🙂

 

 

MASIH SUKA NYONTEK?

Hello, my bloGGy mates!!

Minggu kemarin, saya menjalankan PAS atau biasa disebut UKK. Tidak ada yang berubah dengan sistem penilaiannya, seperti diberi soal pilihan ganda ditambah essay.

Dan tidak ada perubahan pula bagi kebanyakan murid disekolah, masih banyak yang nyontek. Ada yang mencari jawaban lewat google, ada yang tanya-jawab antar teman, dan ada pula yang mengintip jawaban temannya diam-diam.

Bahkan sebelum ulangan dimulai ada beberapa murid dari beberapa sekolah yang mengutip sebuah hadits yang berbunyi

“Barang siapa yang ditanya tentang suatu ilmu pengetahuan lalu ia menyembunyikannya, maka pada hari kiamat kelak Allah akan mengekangnya dengan kekang api neraka”

(HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Mereka menganggap hadits tersebut dapat dipakai untuk menyindir murid lain yang pelit dalam memberi contekkan.

Salah, salah besar. Hadits ini dikeluarkan pastinya bukan untuk membantu dalam hal contek-mencontek atau yang bisa kita bilang perbuatan dusta.

Berbeda dengan apabila ada yang menanyakan soal ilmu agama dan ia tidak mau memberikan ilmunya atau contoh lainnya ada orang yang tidak mengerti suatu pelajaran- misalnya, tentang trigonometri, saat dia menanyakan soal trigonometri kepada orang yang paham, orang yang paham tersebut tidak mau membagi ilmunya. Jika kedua masalah ini dikaitkan dengan hadits tersebut baru sesuai.

Hadits yang sesuai dalam hal contek-mencontek adalah

Hendaklah kalian senantiasa berlaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran akan mengantarkan pada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan kepada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku jujur dan berusaha untuk jujur, maka dia akan dicatat disisi Allah sebgai orang yang jujur.

Hati-hatilah kalian dari berbuat dusta, karena sesungguhnya dusta akan mengantarkan kepada kejahatan dan kejahatan akan mengantarkan pada neraka. Jika seseorang sukanya berdusta dan berupaya untuk berdusta maka ia akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta”

(HR. Muslim no. 2607)

Yang saya ingin ceritakan selanjutnya adalah beragam cara menyontek yang kebanyakan murid lakukan.

Contoh pertama,

Kakak kelas yang duduk disebelah saya saat ujian membuka handphone nya untuk mencari jawaban via google. Oleh karena itu, ia dapat menjawab soal-soal dengan lancar.

Contoh kedua,

Ada juga yang membuat rangkuman tentang mata pelajaran yang diujikan lalu ditaruh di kolong meja, ah sudah biasa bukan?

Contoh ketiga,

Depan, belakang, kanan, kiri saya mendapatkan jawab dengan cara bertanya kepada teman. Misalnya, “Eh nomer 10 jawabannya apa?” lalu diberi kode dengan menggunakan jari- contohnya 1 berarti jawabannya A, 2 berarti jawabannya B, dan seterusnya.

Contoh keempat,

Mengintip jawaban orang, lalu meyalin di lembar jawaban mereka.

Contoh terakhir,

Mengambil foto jawaban mereka lalu dibagikan ke group chat kelas.

Saya harus akui bahwa mereka hebat, iya hebat. Hebat menyontek.

Kalau kejadiannya seperti ini, lalu apa fungsi pengawas? mereka tidak bisa mengawasi anak muridnya dengan benar. Kebanyakan pengawas di ruang ujian asik bermain handphone atau mungkin……. tidur. Ah, tidak bisa diharapkan.

Sampai suatu hari, ada pengawas di ruang ujian saya yang dapat disebut mata elang. Jika diawasi beliau dan masih ada yang nekat menyontek langsung dikeluarkan. Para pencontek pun panik, bingung nanti harus menjawab apa, muka kesal dan panik akhirnya menghiasi wajah mereka- sampai akhir jam ulangan.

Hari remedial pun tiba,

Para pencontek, banyak yang remedial- salah satunya yang mengintip jawaban saya. Sudah menyontek, gagal pula.

Tetapi, banyak juga pencontek yang tidak remedial, dan mereka bangga. Bangga kalau nilai mereka bagus… padahal hasil contekkan. Bahkan ada yang menyombongkan dirinya karena nilai nya bagus. Saya sempat kesal- namun kemudian saya ingat, kalau dia menyontek, setelah itu saya tidak peduli dengannya malah ingin menertawakannya.

Salah satu teman saya, dia tidak pernah menyontek dan dia harus remedial untuk beberapa mata pelajaran. Adil? Tentu saja tidak. Tapi setidaknya dia jujur- dia dicatat oleh Allah sebagai orang yang jujur, bukan sebagai pendusta.

Banyak alasan mengapa mereka harus menyontek

Pertama, “nilai saya kan harus naik, saya harus mendapatkan SNMPTN”

Kita harus lebih berusaha untuk mendapatkan Surga-Nya, nilai ulangan urusan duniawi semata, kawan. Dan itu dapat kita usahakan dengan belajar lebih giat bukan dengan menyontek.

Kedua, “nilai saya harus bagus, saya ingin membanggkan orang tua saya”

Kalau dengan cara seperti itu, sama saja kita membohongi orang tua. Orang tua kita mungkin bisa bangga, tapi kalau mereka tau itu hasil menyontek? Hm..

Kita pasti pernah menyontek. Tapi, hal itu harus dihentikan, menyontek tidak boleh dijadikan kebiasaan, karena yang dirugikan bukan hanya yang dicontek tapi juga yang menyontek itu sendiri.

Karena, apa yang kita dapat dari menyotek?

Ilmu? Tidak.

Kebanggaan? Tidak.

Mau sampai kapan kita menyontek terus?

Bayangkan, bagi mereka yang dicontek mereka sudah belajar mati-matian, tapi malah dicontekkin.

Kalau kita berhenti menyontek, guru-guru pun bisa tau sampai dimana kemampuan kita sebenarnya dan pada pelajaran apa, serta evaluasi untuk para guru sudahkah mereka menyampaikan materi dengan baik dan dimengerti oleh para siswa nya.

Hal itu pasti akan membantu untuk mengembangkan potensi kita. Misalnya, kita diikutsertakan dalam perlombaan di bidang mata pelajaran yang kita kuasai atau mungkin diberi nilai tambah oleh guru.

Yuk, berhenti nyontek? 🙂

 

 

 

 

SAMPAH DISANA SAMPAH DISINI

Hello bloGGy mates!!

Kebersihan adalah sebagian dari iman.

Terkadang kita hanya tau kata-kata itu tanpa diresapi, tanpa dipraktekkan. Kebersihan rasanya bukan lagi hal penting bagi kebanyakan orang, terutama di negara dimana saya tinggal. Buang sampah seenaknya, di lantai, di jalanan, di mana-mana ada sampah. Banyak orang tidak peduli dan mereka kurang lebih berkata “Toh, saya cuma buang satu plastik- apa efeknya? Emang langsung banjir, gitu?” – tapi sayang, yang berbicara seperti itu tidak hanya 1 orang, banyak.

Dan parahnya banyak generasi muda yang lupa- bahwa mereka tugas nya mengatasi, mengingatkan, dan memberhentikan hal-hal salah yang dilakukan oleh pendahulunya. Generasi muda malah ikut-ikutan buang sampah sembarangan. Misal, di lingkungan sekolah, sehabis minum air putih- botol nya dibuang ke lantai atau ditaruh di kolong meja atau bahkan sampah nya ditendang-tendang ke meja depan/belakangnya, seakan memberi kesan meja yang bersih. Padahal, tempat buang sampah itu tepat berada di depan kelas nya. Tidak susah kok jalan ke luar kelas, anggap saja sedang berolahraga. 

Saya heran, apakah mereka dapat merasa nyaman di lingkungan kotor yang penuh sampah? Apakah buang sampah sudah menjadi hobi? Atau sudah menjadi kesenangan tersendiri melihat sampah berserakan?

Sampai di suatu pagi, saya ingin melakukan sebuah riset kecil-kecilan. Pagi itu, saya membersihkan ruangan kelas yang penuh sampah itu, melelahkan memang tapi entah mengapa saya merasa senang (bukan berarti saya memiliki kesenangan tersendiri melihat sampah). Saya sengaja menaruh sampah-sampah yang dibuat oleh teman-teman sekelas saya didepan kelas, dimana menjadi titik pusat penglihatan para murid. Saya hanya ingin melihat reaksi mereka. Semakin lama, banyak murid yang datang. Dan hasilnya…

Yang peduli dan langsung mengambil sapu : 7 orang
Yang tidak peduli dan berjalan melewati tumpukan sampah itu : 30 orang. Sangat jauh, bukan?

Bagi mereka yang sudah ingin menyapu, langsung saya tahan untuk tidak menyapu tumpukan sampah tersebut, karena saya sedang melakukan “riset”. Mereka mengangguk tanda mengerti apa yang saya maksud. Dan saat saya rasa para murid sudah pada datang dan sepertinya guru sudah mau masuk kelas, saya buru-buru membersihkan tumpukan sampah itu (tentunya ke dalam tong sampah).

Dari riset yang saya lakukan ini dapat saya simpulkan bahwa kesadaran akan kebersihan masih berada di bawah angka 0. 

Saya juga masih merasa kesadaran saya akan lingkungan sekitar masih kurang. Tapi bukan tidak mungkin kita semua tidak akan sadar akan kebersihan. Kita akan bisa, kalau kita paham bagaimana mulai rapuhnya bumi kita ini- betapa butuhnya bumi akan kebersihan dari para penduduknya. Kita harus lebih paham dan peka.

Kalau belum menemukan tempat sampah di sekitar kita, lebih baik dipegang terlebih dahulu/atau bawa plastik sendiri- dan langsung dibuang ketika sudah menemukannya. Dan jangan lupa cuci tangan.

Yuk, buang sampah ditempatnya! 🙂

KELAS CIBI

Hello my bloGGy mates!!

Sekarang sudah mendekati tahun ajaran baru dan disekolah saya juga sudah diadakan tes untuk kelas CIBI. Mungkin kelas CIBI ini sudah tidak asing untuk beberapa murid sekolah, tetapi jika ada yang belum tau, CIBI adalah singkatan dari Cerdas Istimewa Bakat Istimewa, dimana adanya kelas khusus bagi murid yang memiliki tingkat kecerdasan dan bakat yang istimewa. Dan sekolah yang berkesempatan untuk membuat kelas CIBI juga tidak semuanya, melainkan hanya beberapa sekolah terpilih.

Tetapi menurut saya, kelas CIBI yang ada di kota saya malah mencerminkan betapa buruknya sistem pendidikan di Indonesia. Mengapa saya menyatakan demikian? karena kebanyakan pendaftaran CIBI dimulai dengan sesuatu benda yang harum wanginya bagi orang yang tamak, atau bisa kita kenal dengan uang. Dapat kita katakan bahwa modal tes dari CIBI bukan hanya kemampuan otak dan sertifikat yang kita miliki- tetapi membutuhkan modal uang yang besar pula.

Saat saya duduk di bangku kelas 9, teman-teman saya banyak yang mengikuti pendaftaran CIBI dan mereka menceritakan tentang banyak hal yang membuat saya tambah yakin bahwa CIBI bukanlah suatu hal yang istimewa.

Salah satu teman saya bercerita bahwa untuk masuk kelas CIBI- membutuhkan uang sumbangan yang mencapai jutaan rupiah, jika kurang maka akan ditolak secara halus oleh pihak sekolah meskipun kita memiliki otak yang ada diatas rata-rata. Dan saya tidak dapat menyalahkan sekolah tersebut sepenuhnya, karena hal seperti itu tidak akan terjadi jika orang tua bisa berpikir lebih rasional, maksud saya, orang tua harus bisa mengerti bahwa hal yang mereka lakukan itu salah, apakah logis uang sumbangan untuk sebuah sekolah mencapai angka puluhan juta rupiah, terlebih lagi ini merupakan sekolah negeri, bukan sekolah swasta. Dimana SEHARUSNYA semua fasilitas di sekolah sudah menjadi tanggung jawab pemerintah.

Dan di SMA saya, saya mulai merasakan perbedaan yang sangat jauh antara kelas CIBI dan kelas reguler.

Kelas CIBI membayar uang iuran sekolah yang bisa mencapai 2 kali lipat lebih besar dibandingkan kelas reguler, mereka mendapatkan fasilitas yang jauh lebih baik pula dibandingkan kelas reguler. Seperti kursi yang empuk, kelas ber-AC, loker dan satu komputer di tiap kelas serta kelas yang akan selalu terjamin kebersihannya meski murid di kelas tersebut suka membuang sampah sembarangan- karena setelah pulang sekolah,kelas tersebut langsung dibersihkan oleh petugas kebersihan sekolah. Terlebih lagi, kelas CIBI juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan science trip dan hal semacamnya yang  tidak akan didapati di kelas reguler.

Berbanding terbalik dengan kelas reguler, dimana kursi untuk kelas reguler hanya terbuat dari kayu, kelas yang hanya bermodal kipas angin serta kelas yang tidak terjamin kebersihannya apabila para murid tidak ada yang piket atau tidak ada yang berniat membersihkan kelas tersebut.

Dan pada akhirnya para murid reguler merasakan apa namanya kesenjangan sosial. Bukankah, sekolah negeri harusnya memiliki standar dan fasilitas yang setara di tiap kelas nya? Dan bukankah, di sekolah negeri seharusnya tidak perlu membayar uang iuran sekolah karena semua sudah menjadi tanggung jawab pemerintah, serta sangat disayangkan, jika melihat kuota untuk murid yang masuk lewat jalur PPDB sangat sedikit- bahkan tidak mencapai 100 kursi, padahal para murid yang masuk lewat nem dapat menaikkan peringkat sekolah tersebut.

Aneh rasanya apabila para murid yang memiliki kecerdasan dan bakat yang istimewa harus membayar lebih, bukankah mereka seharusnya mendapatkan apresiasi atau penghargaan yang lebih dari sekolah? misalnya beasiswa atau sekolah gratis. Karena sebenarnya, sekolah yang mendapatkan keuntungan dari para murid berprestasi tersebut.

Jadi menurut saya, kelas CIBI merupakan sebuah bentuk ketidakadilan, kesenjangan sosial, dan kecenderungan adanya praktek pungli.

Bagaimana menurut kalian? 🙂